0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Beras dan Bawang Merah Bawa Solo Inflasi 0,30%

Harga beras di pasar mulai naik (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Perkembangan harga berbagai komoditas pada Desember 2012 secara umum memperlihatkan adanya kenaikan. Tak pelak, perubahan harga beras dan bawang merah pada periode tersebut turut menyumbang inflasi Kota Solo sebesar 0,30 persen.

Kepala Seksi Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Solo, Herminawati, memaparkan kelompok bahan makanan pada Desember 2012 mengalami inflasi sebesar 0,58 persen. Inflasi tertinggi terjadi pada subkelompok padi-padian, umbi-umbian dan hasilnya sebesar 3,40 persen.

“Beberapa komoditas yang dominan memberikan sumbangan inflasi pada kelompok ini adalah beras, bawang merah, telor ayam ras, sawi hijau dan cabai rawit,” sebutnya, ketika ditemui wartawan di kantor setempat, Kamis (3/1).

Khusus untuk komoditas beras, pada Desember 2012 mengalami perubahan harga sebesar 3,823 persen dan memberikan andil inflasi 0,271 persen. Sementara bawang merah pada periode yang sama mengalami perubahan harga sebesar 10,609 persen dan memberikan andil inflasi 0,112 persen.

Terkait harga komoditas beras, pada Desember memang sempat mengalami kenaikan sebesar Rp 500 perkilogram. Hal ini tidak lepas dari berkurangnya jumlah pasokan dari sejumlah sentra beras.

Demikian pula dengan bawang merah, pada bulan tersebut harganya cenderung melambung lantaran berkurangnya jumlah pasokan dari daerah produsen. Komoditas ini harganya naik cukup signifikan dari Rp 8000 perkilogram menjadi Rp 12 ribu perkilogram.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge