0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sekretaris Komisi IV DPRD Solo, Abdul Ghofar Ismail:

Soal Penerima PKMS Gold, SK Walikota Bisa Direvisi

Abdul Ghofar, Sekretaris Komisi IV DPRD Surakarta (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Peluang untuk revisi Surat Keputusan (SK) Walikota terkait penerima Program Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) Gold masih dimungkinkan. Hal ini menyusul adanya penambahan peserta PKMS yang tercecer oleh pendataan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) 2013.

Sebagaimana diinformasikan sebelumnya, Walikota Solo Hadi Rudyatmo mengatakan, warga Solo yang tidak terkaver Jamkesmas dipersilahkan untuk mendaftarkan diri ke Dinas Kesehatan Kota (DKK) untuk mendapatkan PKMS Gold. Padahal, sesuai mekanisme yang berlaku, penerima PKMS Gold ditetapkan melalui SK Walikota yang diterbitkan Desember 2012 lalu.

“Dengan kondisi seperti ini ya mungkin saja untuk dilakukan revisi. Tinggal kita menunggu verifikasi DKK dan Bappeda terkait penambahan tersebut,” kata Sekretaris Komisi IV DPRD Solo, Abdul Ghofar Ismail kepada Timlo.net, Kamis (3/1).

Ghofar berharap penambahan peserta PKMS Gold nanti tidak terlalu banyak sehingga tidak melebihi kuota PKMS yang dianggarkan di APBD 2013. “Berdasarkan pengalaman, kebutuhan anggaran untuk PKMS terserap Rp 12 miliar. Padahal, di APBD 2013 untuk PKMS dianggarakan Rp 18 miliar. Artinya masih ada perkiraan cadangan (speleng) Rp 6 miliar,” bebernya.

Jika memang kemudian penambahannya cukup signifikan, lanjut Ghofar, solusinya melalui APBD Perubahan 2013. “Jadi, kalau memang tidak cukup, ya akan dianggarkan lagi di APBD Perubahan,” tuturnya.

Lebih jauh legislator PKS ini menegaskan, semua warga miskin menjadi tanggung jawab Pemkot untuk meminimalisir ketidaktepatan sasaran seperti halnya Jamkesmas 2013.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge