0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kenali 4 Makanan Sehat yang Ternyata Tidak Sehat

Apel adalah buah yang kaya manfaat. (Dok:Timlo.net/Google Image.)

Timlo.net — Hanya karena banyak orang berpikir sebuah makanan itu sehat, bukan berarti makanan itu sehat. Berikut adalah 4 daftar makanan yang dianggap sebagai makanan sehat oleh masyarakat. Tapi kenyataannya, makanan-makanan ini tidak baik untuk kesehatan bila kita kerap memakannya.

1. Omelet Sayuran

Sebenarnya makanan ini bisa menjadi sehat kalau dimasak dengan benar. Termasuk pemilihan bahan yang tidak menambah tingkat kalori. Sayuran dalam telur omelet biasanya digoreng dalam lautan minyak goreng. Bila telur tersebut lalu dikombinasikan dengan bahan lain seperti saos atau keju, maka omelet sayuran akan menjadi berminyak dan berkolesterol tinggi.

Alternatifnya adalah omelet kering. Jika mungkin, mintalah omelet yang Anda pesan di luar untuk dimasak tanpa minyak goreng. Sementara sayurannya ditumis atau dikukus.

2. Protein bar/ cemilan protein batangan

Bacalah label kemasan pada protein bar. Beberapa produk protein bar sebenarnya terdiri dari bahan-bahan buatan dan bahan pengisi lainnya. Sehingga pada akhirnya, protein bar tersebut tidak lebih dari sekedar permen batangan dengan protein yang ditabur di dalamnya. Hasilnya adalah orang makan 200 kalori tambahan dan 8 gram gula. Bukannya menjadi langsing atau turun berat badan, mereka malah bertambah bobotnya.

Bila Anda ingin cemilan protein, cobalah untuk mendapatkannya dari bahan alami seperti kacang, sayuran, dll.

3. Buah Kering

Ya, buah kering pastinya kaya serat. Tapi juga memiliki banyak gula tambahan dan belerang untuk mengawetkan. Karena buah ini disajikan dalam kondisi kering, masing-masing memiliki 3 kali kandungan kalori dengan bobot yang sama dengan buah segar. Atau dengan kata lain, 3 ons buah kering mengandung kalori 3 kali lipat dibanding 3 ons buah segar.

Satu bungkus keripik pisang memiliki kalori 3 kali lipat dari buah pisang segar dan juga 20 persen tambahan lemak.

4. Cocktail Buah

Cocktail buah dan makanan sejenis seperti sup buah dan es buah mungkin terkesan sehat karena mengandung buah. Tapi, bagaimana cara buah disajikan bisa membuat perbedaan besar. Secangkir cocktail buah hanya mengandung 110 kalori, tapi memiliki 26 gram gula. Jumlah gula sebanyak itu adalah batas asupan gula harian kita.

Alternatif yang baik untuk cocktail buah adalah buah segar. Satu buah pisang atau apel bisa menjadi alternatif.

Sumber: Forbes.com



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge