0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pelatihan dari PT Sun Chang Korea

Warga Wonogiri Rame-rame Bikin Rambut Palsu

Warga Wonogiri saat dilatih membuat wig atau rambut palsu (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Sekitar ratusan warga Wonogiri dilatih membuat wig (rambut palsu) di Balai Desa Ngadirojo Kidul, Kecamatan Ngadirojo selama 3 hari ke depan. Program pelatihan ini merupakan tindak lanjut Wonogiri proinvestasi.

Adalah PT Sun Chang dari Korea yang memberikan pelatihan bagi 132 warga. Mereka yang dilatih berasal dari masyarakat di Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri Kota, dan Sidoharjo. Instruktur sejumlah 6 didatangkan langsung dari karyawan perusahaan.

Kades Ngadirojo Kidul, Wiyono ketika dijumpai pada hari pertama pelatihan, Kamis (3/1) mengemukakan, kegiatan tersebut sebagai langkah kelanjutan komitmen perusahaan dalam mengembangkan bisnis. Dengan menambah hasil produksi melalui kemitraan dengan masyarakat.

“Nantinya setelah dilatih dan mereka sudah mahir, maka hasil produksi warga akan diambil perusahaan dengan diberi kompensasi. Artinya, sudah dibeli dan dianggap sebagai mitra kerja perusahaan. Tentu saja produk itu harus sesuai standar QC (Quality Control) yang ditetapkan, ” ujar Wiyono.

Dikatakan, warga nantinya bisa membawa pulang pekerjaan pembuatan wig. Selanjutnya dalam beberapa minggu akan diambil kembali oleh perusahaan.

“Seandainya warga yang mahir melebihi 200 orang, dipastikan akan dibuat semacam kantor perwakilan di sini. Selanjutnya bakal didirikan pabrik serupa seperti yang ada di Cilacap,” tutur pengurus Paguyuban Praja Giri Manunggal Wonogiri ini.

Koordinator pelatihan, Nugroho Bayu Widagdo menambahkan, untuk keperluan melatih warga telah disediakan 180 set alat pembuat rambut palsu.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge