0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ubuntu Akan Tersedia di Ponsel Android

Tampilan Google Nexus 4. (Dok:Timlo.net/Google Images.)

Timlo.net — Ubuntu, sistem operasi paling populer yang berbasis pada Linux kernel telah diadaptasi untuk berjalan pada ponsel cerdas (smartphone).

Software yang memampukan hardware dan software bekerja bersama ini  akan memampukan para pengguna untuk mejalankan aplikasi desktop pada handset mereka, sehingga para pengguna bisa memiliki dua “mesin” yang bisa dihubungkan ke monitor.

Operating system (OS) ini akan dirilis dalam bentuk sebuah file yang bisa diinstal pada ponsel Samsung Galaxy Nexus, untuk menggantikan Android.

Beberapa analis bertanya bila para pengguna benar-benar ingin sebuah “komputer berfitur penuh” di ponsel mereka.

Walaupun demikian, pendiri Ubuntu, Mark Shuttleworth berkata bahwa dia sedang berdiskusi dengan pabrik-pabrik ponsel supaya ponsel Ubuntu ini bisa dijual dengan OS yang terinstall  di dalamnya dalam tahun ini.

Walaupun dia mengakui bahwa inovasi ini mungkin hanya terbatas untuk “para pengguna antusias dan hobbyist”, dia berkata bahwa keberadaan ponsel ini memberikan sinyal perubahan yang lebih luas di cakrawala industri ponsel.

“Merupakan suatu hal yang menakjubkan bahwa kita berada di titik di mana kekuatan ponsel sekarang menyamai kekuatan laptop dasar dalam proses komputasi,” kata Mr Shuttleworth kepada BBC.

“Kami mengambil keuntungan dari hal ini sehingga untuk kali pertama dalam sejarah semua penggemar OS ini bisa menikmati Ubuntu di dalam sebuah ponsel,” tambahnya.

Tren ini untuk membuat OS komputer berjalan di smartphone sebenarnya sedang diusahakan oleh Microsoft dengan Windows 8 buatannya. Karena itu Shuttleworth merasa antusias saat membayangkan bahwa dia bisa selangkah lebih maju dari perusahaan software raksasa untuk menyediakan Ubuntu di ponsel.

Ponsel Ubuntu akan dipamerkan dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas minggu depan.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge