0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Novelis Okky Madasari Terinspirasi Anak Autis

Novelis Okky Madasari (kanan) bersama Ivan, anak autis yang jago menggambar (dok.timlo.net/achmad khalik)

Karanganyar — Novelis Okky Madasari pemenang Khatulistiwa Literary Award mengunjungi Ivan Ufuq Isfahan (12), salah seorang anak autis yang jago menggambar di kediamannya Gawanan, Colomadu, Karanganyar. Ivan, menjadi salah satu inspirasi dari novel cipataan Okky berjudul ‘Entrok’. Dalam karyanya tersebut, Okky memilih salah satu lukisan Ivan untuk dijadikan sebagai cover novel tersebut.

“Saya sangat tertarik dengan karya Ivan tersebut karena melalui gambar yang ada inilah Ivan berbicara. Dia berbicara dengan cara yang luar biasa dan berbeda dengan orang seperti kita,” ujar Okky kepada wartawan, kemarin.

Diikutsertakannya karya Ivan tersebut, lanjut perempuan kelahiran Magetan 30 Oktober 1984 ini, merupakan potret dari orang-orang yang kehilangan hak dan dianggap aneh dalam suatu masyarakat. Melalui lukisan Ivan, Okky ingin mengangkat dan merubah pemahaman masyarakat bahwa selama ini mereka salah.

“Kita sesama manusia diberi hak yang sama oleh Tuhan, maka sepantasnyalah sesama ciptaanNya kita saling menghargai apapun bentuknya,” ujar penulis novel “86” dan “Maryam” tersebut.

Rencananya, Okky akan mengadakan Festival Muara bersama Yayasan Muara Bangsa di Jakarta. Dalam festival tersebut akan ditampilkan berbagai rangkaian kegiatan seni, sastra dan ekonomi kreatif. Termasuk karya-karya Ivan juga akan ikut ditampilkan dalam festival tersebut.

“Saya ingin membuktikan bahwa autis itu bukan untuk dijauhi melainkan harus dipahami melalui cara pandang mereka. Sehingga tidak terjadi pengkotak-kotakan antara makhuk Tuhan yang satu dengan yang lain,” pungkas Okky.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge