0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tahun 2013, Alokasi Anggaran PKMS Menurun

Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih (dok.timlo.net/dhefi)

Solo —  Anggaran program Pelayanan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) dari APBD 2013 dialokasikan sebesar Rp 18 miliar. Nilai tersebut turun dari tahun lalu (2012) yang dialokasikan sebesar Rp 23 miliar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih meyakini, anggaran Rp 18 miliar yang dialokasikan tahun ini akan cukup mengkaver seluruh peserta PKMS, baik Silver maupun Gold. “Saya yakin cukup. Penggunaannya kami awasi secara optimal,” katanya kepada wartawan, Rabu (2/1).

Menurutnya, keyakinan cukupnya alokasi sebesar itu karena pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan catatan DKK Solo, dana PKMS tahun 2012 hanya terserap sekitar Rp 11 miliar.

Meski pada tahun ini diprediksi mengalami banyak penambahan peserta PKMS Gold, tapi anggaran sebesar itu masih bisa mengkaver klaim peserta PKMS. Penambahan terbanyak peserta PKMS Gold terjadi karena sasaran program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) oleh Pemerintah Pusat belum maksimal. Masih banyak keluarga miskin yang tidak terkaver dalam program Jamkesmas.

Sampai dengan 31 Desember 2012, jumlah peserta PKMS secara keseluruhan mencapai 240.352 jiwa. Dari jumlah itu, 13.871 jiwa diantaranya termasuk dalam PKMS Gold. Sedangkan 226.481 jiwa lainnya termasuk dalam PKMS Silver. “Dimungkinkan jumlah itu akan terus bertambah,” ungkap Siti.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge