0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kewirausahaan Belum Diberlakukan di IAIN

Sukoharjo — Mata Kuliah Kewirausahaan tidak menjadi bagian dalam Mata Kuliah (Makul) reguler di Institut Agama Islam Negeri IAIN), karena masih menunggu keputusan Kementerian Agama (Kemenag). Hal tersebut dikatakan Pembantu Rektor (PR) I Bidang Akademik IAIN Solo, Mudlofir Abdullah. ”Sebenarnya sudah disetujui. Namun, masih menunggu surat keputusan dari Kemenang,” katanya, Rabu (2/1).

Salah satu yang menjadi persoalan, menurut Mudlofir adalah kesiapan lembaga yang membawahi lembaga Pendidikan Profesi Kewirausahaan (LP2K). Terkait usulan soft skill mahasiswa, Mudlofir mengaku usulan tersebut masih akan dirapatkan kembali. “Untuk tahun ini mata kuliah tersebut belum bisa kami publikasikan kepada mahasiswa. Akan tetapi ini  sudah tercantum dalam buku panduan mahasiswa baru tahun akademik 2013/2014,” jelasnya.

Meski demikian, lanjut Mudlofir, sebagai Perguruan tinggi Agama Islam (PTAI) nilai Islam yang ada pada mata kuliah tersebut masih harus diterapkan. Karena itu yang menjadi karakter dari universitas.“Untuk mendukung tercapainya Makul kewirausahaan ini, kami akan merekrut dosen dari luar. Kemudian mengajukan permintaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) terhadap para dosen itu,” ungkapnya.

Setelah mata kuliah tersebut diresmikan, seluruh mahasiswa wajib mengambil Makul Kewirausahaan. Mudlofir menambahkan, sebelum mahasiswa lulus dari IAIN, diharapkan sudah memiliki sertifikat kewirausahaan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge