0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kenang Pejuang Kemerdekaan

Hari ini, Kirab Bumi Manunggal Dilepas Bupati

Klaten – Kirab adat Sanggar Seni dan Budaya Bumi Manunggal (SSBBM) di Desa Soropaten, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten hari ini, Kamis (16/12), akan dilepas oleh Bupati Klaten H Sunarno SE, M.Hum.

Kirab tahunan satiap Bulan Suro itu sengaja dilakukan masyarakat Soropaten untuk mengenang tokoh masyarakat Kyai Karsorejo yang semasa hidupnya dianggap telah berjasa berjuang melawan penjajah Belanda kala itu.

Kepala Desa Soropaten, Rumiyati kepada Timlo.net kemarin menuturkan, iring-iringan peserta kirab yang sebagian besar warga setempat itu dimulai dari pendopo makam Kyai Karsorejo. “ Peserta akan mengelilingi jalan perkampungan dengan berseragam pakaian Jawa,” katanya.

Selain itu, lanjut Rumiyati, kirab akan dimeriahkan drum band anak TK hingga SD dan reog. Usai keliling kampung peserta akan kembali ke pendopo makam untuk upacara dan dilanjutkan pementasan wayang kulit,” ujar Rumiyati.

Ia menambahkan, tujuan kegiatan itu tidak lain hanyalah untuk nguri-uri kebudayaan peninggalan Kyai Karsorejo yang selama hidupnya pernah memprakasai adanya kegiatan semacam ini.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge