0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Keluarga Hilang Kontak

Tujuh Pendaki ITB Bertahan 5 Hari di Merbabu

Pendaki Gunung Merbabu. (Dok.Timlo.net/ Nanin)

Boyolali — Tujuh pendaki asal ITB Bandung, Rabu (2/1) pagi,  berhasil dievakuasi petugas dan warga sekitar setelah lima hari bertahan di Puncak Gunung Merbabu karena kelelahan. Mereka sempat dikabarkan hilang oleh pihak keluarga.

Ketujuh mahasiswa ITB tersebut mendaki ke Gunung Merbabu sejak 29 Desember 2012. Mereka berhasil turun dibantu 4 pendaki lain. Mereka melakukan pendakian melalui pendakian Wekas Sawangan Magelang.

Menurut Komandan SAR Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetya, pihaknya mendapat informasi adanya tujuh mahasiswa asal ITB yang diduga tersesat di Merbabu. Setelah dicek ternyata ketujuh pendaki yang bertahan lima hari di Merbabu karena kelelahan. Selain kelelahan ketujuh pendaki juga kehabisan logistik. “Sudah turun, selama lima hari mereka bertahan di Pos 2 Merbabu, kondisinya sehat semua meski kelelahan,” ungkap Yoyok, panggilan akrab komandan SAR Boyolali, di Selo, Boyolali.

Tujuh orang pendaki tersebut di antaranya atas nama Lia Dinia, Risky Prama, Rohmadi, Maulana Raula, Ibrahim Ukrim alias Memes. Namun, setelah koordinasi dengan pos pendakian Wekas, didapat kabar para pendaki tersebut berhasil terdeteksi bertahan di pos II Merbabu.

SAR Boyolali rencananya hendak melakukan operasi untuk pencarian. Namun, karena cuaca di kawasan Merbabu tidak mendukung, maka pihaknya membatalkan. Lebih lanjut Yoyok menjelaskan, normal pendakian di Gunung Merbabu sendiri hanya dua hari. Selain itu, Jalur Pendakian Wekas sendiri merupakan jalur pendakian sepi karena selama ini kebanyakan pendaki yang hendak ke Merbabu melalui jalur Tarubatang Selo.

”Normalnya cuma dua hari saja, ini bisa sampai lima hari, dugaan kami pasti ada sesuatu, apalagi dengan cuaca yang sangat ekstrim,” tandas Yoyok.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge