0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Lagi, Karanganyar Bangun 3 Bank Sampah

Tumpukan sampah di salahs atu sudut wilayah Kabupaten Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahardian)

Karanganyar — Keberadaan bank sampah yang kini dirintis Badan Lingkungan Hidup (BLH) Karanganyar di Dsa Suruh, Kecamatan Tasikmadu akan digalakkan di desa-desa lainnya di wilayah Karanganyar, antara lain Desa Bejen, Munggur dan Jengglong.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Karanganyar, Waluyo Dwi Basuki, mengungkapkan keberadaan bank sampah pada awalnya hanya percontohan yakni di Desa Suruh,  Tasikmadu yang sudah ada embrio pemanfaatan sampah untuk berbagai kerajinan namun seiring perkembangan, pihaknya akan membangun beberapa bank sampah lagi di beberapa desa di Karanganyar, yakni di Desa Bejen, Munggur dan Jengglong. Selain untuk pelestarian lingkungan juga untuk meningkatkan pendapatan warga.

“Mekanismenya sebenarnya sederhana, yakni sebelum sampai ke Tempat Pembuangan Akhir, sampah kita manfaatkan,” ujarnya, kemarin.

Ketika dibawa ke bank sampah, petugas bank sampah akan menimbang sampah, lalu mencatatnya di buku tabungan sampah. Misalnya warga A membawa sampah plastik sekian gram, sampah kertas sekian kilogram. Nantinya petugas akan mengakumulasi sampah yang dikumpulkan warga itu. Setelah terkumpul, sampah akan di pilah-pilah dan dimanfaatkan, bias untuk kerajinan maupun kompos. Nantinya setiap warga akan mendapatkan uang sesuai harga sampah. Sehingga dapat meningkatkan tingkat pendapatan warga Karanganyar.

“Jika program bank sampah di di beberapa desa berhasil, rencananya program itu akan disosialisasikan ke desa-desa seluruh Karanganyar,” pungkasnya



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge