0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cekdam Kali Apu Mulai Bisa Dilewati Motor

Cekdam Kali Apu, Selo, Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Pembangunan cekdam Kali Apu sudah hampir selesai dibangun. Pembangunan Dam Kali Apu saat ini tinggal pengecoran aspal,tembok pengaman dan beberapa sayap cekdam. Kondisi ini membuat warga Tlogolele, Kecamatan Selo, Boyolali tidak perlu lagi memutar melalui cekdam Klampahan Kabupaten Magelang yang jaraknya 20 kilometer.

Cekdam Kali Apu yang merupakan penghubung Desa Klakah dan Desa Tlogolele, Selo, merupakan satu-satunya jalur terdekat bagi warga Tlogolele menuju ke kota kecamatan. Selama ini, sejak cekdam dibangun akibat hancur diterjang banjir lahar dingin, warga di Dukuh Stabelan, Takeran, Tlogolele, harus memutar ke wilayah lain. Akibatnya, perekonomiam warga menjadi terganggu.

Sementara menurut Supervisor Proyek Edwin, cekdam setinggi 14 meter saat ini tinggal finishing saja. Pada tanggal 5 Januari mendatang pengerjaan cekdam Kali Apu sudah selesai dan seluruh pengerjaan dihentikan. Untuk selanjutnya, pengerjaan akan dipusatkan pada pengecoran jalan dan pembenahan sejumlah kerusakan akibat pengerjaan mega proyek ini.

“Untuk pengerjaan tambahan, seperti pengaspalan dan pengecoran merupakan permintaan warga,”tandas Edwin, ditemui di lokasi, Rabu (2/1).

Dijelaskan, kendala terberat yang dihadapi dalam pembangunan Cekdam Kali Apu ini adalah saat memasuki musim hujan. Dimana lokasi pernah diterjang banjir lahar dingin dari Puncak Merapi. Akibatnya, banyak peralatan yang hanyut terbawa banjir.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge