0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kalahkan UI, UNS Raih Juara I Kearsipan Nasional

Arsiparis UNS, Yani Maryudasti (dok.timlo.net/sri ningsih)

Solo —  Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mendapatkan hadiah juara pertama unit pengelolaan kearsipan yang diadakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dengan penilaian kearsipan dari Fakultas Hukum, Fakultas Sastra, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik.

Hadiah kejuaraan tersebut telah diterima pihak UNS pada 28 Desember 2012.  Dengan beberapa kriteria penilaian yang ditentukan dari Kemendikbud, yang terdiri dari 4 unsur. Di antaranya unsur pembinaan, pengelolaan, penyusutan arsip atau bagaimana daur hidup arsip di UNS, dan yang terakhir dari segi sarana dan prasarana.

Arsiparis UNS Yani Maryudasti, Rabu (2/1)  menjelaskan, salah satu yang menjadi bahan penilaian adalah penerapan komputerisasi dalam kearsipan yang diterapkan di 9 fakultas.”Untuk web baru kita launching pada 29 Juli lalu. akan tetapi ini baru berlaku di Pusat Arsip UNS saja. Targetnya tahun ini akan kita perluas di 9 fakultas yang ada. Sementara ini arsip dari 9 fakultas terpusat dulu,” jelasnya.

Untuk membawa pulang kejuaraan tersebut UNS telah menyisihkan 26 Perguruan Tinggi (PT) di tingkat nasional. Di antaranya Universitas Indonesia (UI) yang berhasil menduduki peringkat ke dua dan Istitut Pertanian Bandung (IPB) yang menduduki juara ke tiga. ”Saingan berat kita adalah dari UGM, akan tetapi UGM telah lebih dulu menyabet kejuaraan tesebut di tahun lalu,” katanya.

Yani mengaku sangat terkejut UNS bisa mendapatkan posisi peringkat pertama. Padahal selama ini dirinya beserta 36 arsiparis yang tersebar di seluruh unit kerja dan fakultas di UNS ini bekerja semaksimal mungkin dengan segala keterbatasannya. Sejak tahun 2006 dipindahkan dari kearsipan provinsi ke UNS, Yani hanya berupaya bagaiman sepantasnya arsip UNS dapat di hidupkan. Upaya yang ia lakukan pertama kali adalah menelusuri historis UNS,dari tahun ketahun semua data tersebut diarsipkan.

Disamping itu dukungan dan kerjasama dari pimpinan dan 9 fakultas yang ada di UNS menjadi hal penting hidupnya sebuah unit kearsipan. ”Semua ini berkat kerjasama dari pihak yang terkait, untungnya 9 fakultas yang ada juga bisa rutin mengirimkan data kearsipan kepada kami sehingga bisa kami olah dan kita perlakukan dengan baik dan bisa bermanfaat,” paparnya.

Kehidupan arsip di UNS menjadi kunci utama keberhasilan pengelolaan kearsipan dan kinerja dari arsiparis. Sehingga akan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan penelitian, kebijakan dalam mengambil keputusan dan mempertahankan jati diri universitas.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge