0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Amankan Railbus, 4 Petugas Jaga Perlintasan Rel

Stasiun Solo Kota (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo — Guna menjamin keselamatan perjalanan kereta Railbus dan Jaladara, Pemkot Solo menempatkan empat orang di dua titik perlintasan kereta api di wilayah Solo. Empat petugas itu dalam waktu dekat ini akan mendapat pelatihan dari PT Kereta Api Indonesia.

“Ada empat petugas yang ditempatkan di dua titik perlintasan yaitu di perlintasan Brengosan, Purwosari dan perlintasan Sangkrah,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo, Yosca Herman Soedrajat kepada Timlo.net, Rabu (2/12).

Hal tersebut dibenarkan Ketua DPRD Solo, YF Sukasno. Menurutnya, PT KAI Daop VI tak perlu khawatir dengan penambahan tenaga outsorching sebagai petugas penjaga pintu perlintasan. Hanya saja, sebelum Railbus beroperasi perlu diberikan pelatihan dari PT KAI kepada petugas yang disediakan oleh pemkot.

“Petugas itu nanti menjaga perlintasan kereta api. Karena mereka awam terkait teknis penjagaan pintu perlintasan, semestinya PT KAI memberikan pelatihan terlebih dahulu agar nantinya semua siap. Kami juga sudah setujui saat rapat badan anggaran untuk penambahan petugas ini,” tuturnya.

Sementara, Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta, Sri Winarto mengatakan sumber daya manusia (SDM) penjaga perlintasan perlu disiapkan secara khusus. “Nanti akan diberi pengetahuan khusus sehingga butuh waktu kira-kira satu pekan. Tidak bisa asal-asalan karena menyangkut keselamatan perjalanan kereta dan warga,” ujarnya



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge