0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hari Pertama Kerja, 182 PNS Klaten Mangkir

Kantor Pemkab Klaten (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten —  Sebanyak 182 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Sekretariat Daerah (Setda) Klaten mangkir dari pekerjaannya saat hari pertama masuk kerja di awal tahun 2013, Rabu (2/1). Mereka tak masuk kerja dengan berbagai alasan.

Data dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD), jumlah PNS di lingkup Setda Klaten ada 687 orang. Dari jumlah itu, sekitar 505 PNS mengikuti apel pagi. Sedangkan 182 PNS tidak hadir.

“Dari 182 PNS yang tidak hadir itu, empat di antaranya tanpa keterangan. Sedangkan 178 PNS lainnya dengan berbagai keterangan, di antaranya 10 PNS sakit, 55 ijin, 9 PNS cuti, dan 104 dinas luar,” ujar Kabid Umum BKD Djoko Purwanto kepada wartawan, Rabu (2/1).

Djoko menjelaskan, keempat PNS yang tidak masuk tanpa memberi keterangan itu terancam sanksi ringan, yakni peringatan lisan. Namun jika mereka mengulangi lagi maka bisa dijatuhkan sanksi berat.

“Keempat PNS yang membolos itu di antaranya satu orang dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), satu orang lagi dari Sekretarian DPRD, dan dua orang lainnya dari Bagian Perekonomian,” ujar Djoko.

Djoko menambahkan, dalam dalam apel pagi yang digelar di halaman Kantor Pemkab Klaten, Rabu (2/1) pukul 07.10 WIB, sekaligus dilakukan absensi terhadap 14 satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Absen ini sengaja dilakukan untuk mendata para PNS yang masuk pada hari pertama kerja usai libur akhir tahun. Dalam kesempatan itu BKD sekaligus memberikan pembinaan kepada mereka yang terlambat ikut apel.

“Ada tujuh PNS yang terlambat ikut apel pagi, mereka beralasan terlambat karena jarak rumah yang jauh dan jalanan macet,” imbuh Djoko.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge