0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Optimalkan Rute Solo-Sukoharjo-Wonogiri

Railbus Batara Kresna Dilarang ke Yogyakarta

Railbus Batara Kresna (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Rute Raibus Batara Kresna yang sebelumnya Sukoharjo-Solo-Yogyakarta bakal dipangkas. Saat beroperasi nanti, Railbus tidak lagi melayani rute Solo-Yogyakarta.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo, Yosca Herman Soedrajat mengatakan pemangkasan rute tersebut merupakan kebijakan dari PT Kereta Api Indonesia (KAI). “Dari pusat seperti itu, tidak boleh ke Yogyakarta,” ujar Herman kepada Timlo.net usai mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi III di DPRD Solo, Rabu (2/1).

Menurutnya, pelarangan rute ke Yogyakarta itu berimbas pada batalnya operasional Railbus yang seharusnya beroperasi pada 1 Januari kemarin. “Dengan larangan itu, surat perjalanan Railbus yang menyebutkan ke Yogyakarta harus diubah. Sementara proses administrasi perubahan itu tidak mudah dan membutuhkan waktu,” bebernya.

Sebagai gantinya, lanjut Herman, Railbus akan dioptimalkan untuk rute Solo- Sukoharjo-Wonogiri. “Jadi fungsinya betul-betul pengganti kereta feeder,” ungkapnya.

Disinggung kapan Railbus Batara Kresna akan beroperasi, Herman mengatakan hal itu tergantung dari proses administrasi surat perjalanan. “Tidak tahu saya, kapan beroperasi lagi. Tergantung proses administrasinya nanti,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge