0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Momen Tahunan Satiap Bulan Suro

Besok, Soropaten Gelar Kirab Keliling Kampung

Klaten – Dijadwalkan, besok pagi, Kamis (16/12), kirab adat Sanggar Seni dan Budaya Bumi Manunggal (SSBBM) kembali digelar di Desa Soropaten, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten.

Kegiatan itu oleh masyarakat setempat dijadikan momen tahunan satiap Bulan Suro. Rencananya kegiatan itu akan dihadiri Bupati Klaten H Sunarno SE, M.Hum.

Kepala Desa (Kades) Soropaten, Rumiyati kepada Timlo.net, Rabu (15/12) sore, mengungkapkan, peserta kirab diikuti ratusan masyarakat setempat. Mereka akan mengelilingi perkampungan sambil berjalan kaki dengan mengenakan pakaian adat Jawa. “Ada juga rombongan drum band anak-anak sekolah dasar dan reog,” katanya.

Rencananya, kirab budaya tersebut diawali dari depan makam Kyai Karsorejo, tokoh pejuang, di desa setempat. Setelah mengitari perkampungan, kata Rumiyati, peserta akan kembali ke makam untuk upacara adat. “Kirab budaya ini akan diakhiri pementasan wayang kulit semalam suntuk,” ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan itu untuk nguri-uri aset kebudayaan agar tetap lestari di kalangan masyarakat setempat. ”Kirab itu untuk mengenang suwargi Eyang Kyai Karsorejo, karena semasa hidupnya kirab seperti ini pernah ada. Sekarang kita tinggal melanjutkannya saja,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge