0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2013, Acer dan Asus Takkan Produksi Netbook Lagi

NETBOOK-Deretan notebook yang dipasarkan salah satu tenant di IT Mall Computer Center Point Solo (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Timlo.net — Masa kejayaan netbook pelan-pelan meredup saat dua pembuat netbook telah mengumumkan bahwa mereka tidak lagi akan membuat produk tersebut di tahun 2013. Asus dan Acer merupakan dua pabik yang masih membuat netbook sementara Samsung, HP dan Dell telah berhenti melakukannya dan berkonsentrasi pada tablet.

Asus berkata bahwa mereka tidak akan lagi memproduksi seri Eee PC mulai dari 1 Januari, mengakhiri 5 tahun keberadaan seri ini. Netbook pertama Asus adalah EeePC 701 yang memiliki sebuah layar sebesar 7 inci dengan resolusi 800×400, tempat penyimpanan sebesar 4GB dan prosesor Celeron 900 MHz. perusahaan tersebut faktanya telah berhenti menggunakan merk EeePc sejak pertengahan 2012.

Sementara di sisi lain Acer tidak merilis model netbook baru  belakangan ini.

Akan tetapi, netbook akan tetap dijual secara berkelanjutan oleh kedua perusahaan sampai stok yang ada habis, demikian dilansir dari The Droid Guy. Penjualan netbook masih bagus terutama di pasar-pasar seperti Asia Tenggara dan Amerika Selatan di mana harga yang murah menjadi daya tarik utama.

Karena portabilitas dan harga murah, netbook menjadi populer sejak 2007 dan pabrik-pabrik laptop mulai membuat versi mereka sendiri. Mulai dari layar 7 inci hingga 10 inci. Satu fitur yang umum dari berbagai model netbook adalah mereka menggunakan prosesor Intel Atom.

Intel belum memiliki rencana untuk menghentikan produksi prosesor Atom walaupun faktanya netbook akan segera punah. Perusahaan tersebut memiliki rencana untuk memperkenalkan prosesor hemat energi di peralatan mobile dan set top box. Baru-baru ini, ada model-model prosesor Atom yang digunakan di server.

Keredupan netbook dikarenakan kepopuleran tablet. Peralatan berbasis sentuhan ini memiliki daya tahan baterai yang lebih panjang, portabel dan bahkan lebih bertenaga dibanding  netbook.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge