0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Railbus Belum Beroperasi, KAI Ulur Waktu

Stasiun Solo Kota (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo – Pengoperasian Railbus Batara Kresna belum bisa dilakukan dalam waktu dekat. Lagi-lagi, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengulur-ulur waktu pengoperasian kereta api dengan rute Sukoharjo – Solo – Yogyakarta tersebut.

Masih ada sejumlah permintaan dari KAI untuk Pemkot yang harus dipenuhi. Di antaranya masalah tenaga perlintasan KA, pengamanan jalur dalam kota, serta perhitungan okupansi Railbus.

“Untuk penjaga perlintasan KA, memang sudah dipenuhi (oleh Pemkot Solo). Cuma, masa langsung ditempatkan. Perlu mendidik dan melatih dulu, jadi perlu waktu. Pendidikannya kira-kira butuh waktu seminggu,” kata Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Sri Winarto kepada wartawan, kemarin.

Untuk jalur dalam kota, KAI masih perlu meninjau kembali keamanan jalur di sepanjang ruas Jl Slamet Riyadi. Terutama, melihat dahan dan ranting pohon apakah sudah aman untuk dilewati Railbus.

KAI juga akan meninjau kembeli operasional Railbus antara Stasiun Purwosari Solo sampai dengan Yogyakarta. Dirinya membedakan rute Railbus menjadi dua bagian. Purwosari – Sukoharjo disebutnya sebagai jalur cabang. Sedangkan Purwosari – Yogyakarta disebutnya sebagai jalur jalan raya. “Perlakuannya beda, kami akan tinjau kembali,” ungkapnya.

Pekan ini, rencananya KAI akan melakukan pertemuan dengan Pemkot untuk membicarakan masalah tersebut. Hasil pertemuan ini nantinya akan dilaporkan ke Direktorat Operasional PT KAI Pusat. Artinya, pengoperasian Railbus belum bisa dipastikan karena masih harus menunggu kesepakatan dari dua belah pihak.

Sebelumnya diberitakan, Railbus Batara Kresna rencananya bakal kembali beroperasi mulai 1 Januari 2013.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge