0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Microsoft Rilis Update Keamanan Untuk Internet Explorer

Internet Explorer 10. (Dok:Timlo.net/Google Images.)

Timlo.net — Microsoft telah merilis sebuah perbaikan sementara (temporary fix) untuk browser Internet Explorer, di mana perusahaan software raksasa tersebut berkata bahwa terdapat lubang keamanan yang bisa dipakai sebagai peluang bagi para hacker untuk membajak komputer.

Lubang keamanan ini dikonfirmasi Microsoft minggu lalu, mempengaruhi Internet Explorer versi  6,7 dan 8 dan memampukan sebuah kode jahat (malicious code) yang terinstall di website-website umum untuk masuk ke sebuah sistem komputer setelah sang pengguna mengunjungi situs tersebut, demikian dilansir dari LA Times.

“Seorang penyerang yang bisa mengeksploitasi kelemahan ini dengan sukses bisa mendapatkan hak penggunaan yang sama dengan pemilik komputer,” tulis Microsoft dalam saran keamanan yang dirilis dalam blog mereka, Sabtu (29/12). Perusahaan tersebut menambahkan bahwa para pengguna yang hanya memiliki akun dengan sedikit hak penggunaan mungkin tidak akan terpengaruh.

FireEye dan firma keamanan lain telah melaporkan bahwa website yang berbasis di Washington milik Council on Foreign Relations telah digunakan untuk menginfeksi komputer para pengunjung. Website tersebut dilaporkan membawa sebuah kode yang terdeteksi sejak 21 Desember.

Update keamanan yang dikeluarkan Microsoft diharapkan secara sementara memblok segala macam usaha yang dilakukan para hacker untuk memanfaatkan lubang keamanan ini, demikian kata Andrew Storms, kepala keamanan di nCircle, sebuah firma konsultasi keamanan Internet.

Microsoft mengingatkan bahwa para pengguna Internet Explorer 9 dan 10 tidak terancam dampak dari kecacatan kode, tapi kedua versi tersebut tidak tersedia bagi para pengguna Windows XP. “Tim IE bekerja berpacu dengan waktu untuk mengembangkan sebuah update keamanan untuk mengatasi kerapuhan ini di versi-versi yang lebih lama,” kata perusahaan tersebut dalam blog mereka, Sabtu (29/12).

Selain itu, Microsoft menyarankan para pengguna segera mengupdate browser IE (Internet Explorer) mereka ke versi terbaru, memastikan bahwa proteksi antivirus mereka terupdate, dan menghidupkan firewall di komputer. Siapapun yang masih memakai IE versi lama diharapkan segera mendownload dan menginstall update keamanan ini.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge