0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gelar Budaya Candi Merak Karangnongko Meriah

Pentas seni dan budaya di Komplek Candi Merak, Karangnongko, Klaten (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten — Pemerintah Desa Karangnongko bekerja sama dengan Paguyuban Seni dan Budaya Karangnongko serta Perhimpunan Pemuda Pemudi  (PERMADI) Kabupaten Klaten menggelar pentas seni dan budaya di komplek Candi Merak, Karangnongko, Klaten, Selasa (1/1).

Ketua panitia  kegiatan, Ki Kasim Purwo Wasito, mengatakan kegiatan dengan tajuk Gelar Seni & Budaya Karangnongko 2013 ini sekaligus meresmikan keberadaan Sanggar Seni dan Budaya Candi Merak, Sanggar Tari Saraswati dan Gedung PAUD Baru yang berada di Desa Karangnongko.

“Pagelaran budaya ini diisi dengan pentas karawitan, jatilan, tari-tarian tradisional, campursari dan sejumlah kesenian tradisional lainnya,” ujar Ki Kasim.

Ki Kasim menjelaskan, adapun tujuan diadakan kegiatan itu salah satunya untuk melestarikan seni dan budaya yang ada di Karangnongko. Selain itu juga untuk memperkenalkan aset berupa Candi Merak.

“Dengan pentas gelar seni dan budaya ini diharapkan bisa menjadikan cambuk dan bangkitnya para seniman yang ada di daerah untuk menuju kehidupan yang lebih,” ujar Ki Kasim.

Pihaknya berharap kepada Pemkab Klaten untuk lebih proaktif dalam upaya pembinaan Desa Wisata Budaya khususnya di Karangnongko. Mengingat Karangnongko memiliki aset berupa Cagar Budaya Candi Merak.

“Selain Candi Merak, masih ada aset lain yang belum tergarap. Seperti kerajinan wayang kayu, alat drumband, kerajinan Sungging dan tatah wayang kulit,” ujar Ki Kasim.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge