0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jalan Jensud Bakal Dipasangi Pelican Crossing

kawasan Jalan Jenderan Sudirman Solo (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo — Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo berencana memasang dua buah Pedestrian Light Controlling (Pelican) Crossing di kawasan Jalan Jenderal Sudirman (Jensud). Pemasangan rambu-rambu tambahan bagi pejalan kaki tersebut sebagai tindak lanjut atas kebijakan manajemen rekayasa lalu lintas di kawasan itu.

Kepala Dishubkominfo Kota Solo, Yosca Herman Soedrajat mengungkapkan, pemasangan dua buah Pelican Crossing di kawasan Jensud diupayakan terealisasi pada 2013 ini. “Di tahun 2013 akan dilengkapi dengan Pelican Crossing atau sarana penyeberangan otomatis. Ada dua titik, yakni di depan Bank Indonesia (BI) dan depan Balaikota,” katanya kepada wartawan, Selasa (1/1).

Pejalan kaki yang menyeberang di ruas Jalan Jensud saat ini baru bisa memanfaatkan sejumlah Zebra Cross yang telah ada sebelumnya. Dengan adanya Pelican Crossing, pejalan kaki bisa lebih mudah dan aman saat menyeberang jalan raya karena dibantu dengan lampu pengatur lalu lintas.

Di satu sisi, hingga kini Dishubkominfo terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat atas kebijakan baru di kawasan Jensud. Yosca mengakui, kebijakan yang baru ditetapkan pada pekan lalu belum bisa berjalan secara maksimal. Masih ada sebagian masyarakat yang belum mengetahui adanya kebijakan baru tersebut.

Rentang waktu uji coba dan sosialisasi selama 30 hari akan dimaksimalkan. Pasca dilakukannya sosialisasi, akan dilakukan kajian dan evaluasi secara menyeluruh. “Dilakukan kajian dan evaluasi. Apa yang harus ditambahkan dan apa yang harus dikurangi,” kata Walikota Solo Hadi Rudyatmo.

Rudy, sapaan Walikota, mengungkapkan, dalam sosialisasi dibutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam memberikan informasi kepada masyarakat agar hasilnya bisa didapat secara maksimal. “Ya memang, untuk merubah perilaku masyarakat untuk budaya tertib lalu lintas, budaya merawat, menjaga, mengamankan dan memiliki memang butuh waktu,” ungkap Rudy.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge