0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ratusan Rumah Korban Merapi Segera Direhab

Pemkab Klaten Siapkan Dana Rehab Rp 1,8 M

Klaten –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menyiapkan anggaran dana Rp 1,8 Miliar untuk merehabilitasi ratusan rumah di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang yang hancur akibat erupsi Merapi.

Demikian disampaikan Bupati Klaten, H Sunarno SE, M.Hum saat meninjau lokasi bencana Merapi di Desa Balerante, Selasa (14/12), bersama sejumlah pejabat Pemkab.

Bupati menjelaskan, dana sebanyak itu merupakan bantuan solidaritas masyarakat yang sudah terkumpul guna membantu memulihkan kondisi rumah para korban bencana.

Dari jumlah itu, dana akan dialokasikan untuk pembangunan rumah dengan ukuran 6 X 6 meter bagi rumah yang kondisinya hancur, dengan anggaran Rp 22 juta per unitnya.

Sementara bagi rumah yang rusak ringan hingga sedang bakal diberi alokasi dana antara Rp 5 juta hingga Rp 10 juta. “Untuk para tenaga pekerjanya nanti dilakukan secara gotong royong oleh masayarakat,” imbuh Bupati.

Sementara itu, kondisi Gunung Merapi, Selasa siang sudah terlihat aman. Visualisasi di puncak Merapi juga sudah tidak tampak adanya asap hitam pekat. Tampak pula beberapa warga sudah mulai bangkit membersihkan puing-puing rumah yang hancur supaya segera bisa dibangun lagi.

Sementara, selter atau hunian sementara yang dipersiapkan pihak Pemprop Jawa Tengah di Desa Kepurun, Kecamatan Manisrenggo, Klaten hingga saat ini masih tahap pembangunan pondasi dan pemasangan kerangka selter dari bambu.

Pihak proyek sendiri belum bisa memastikan kapan selter selesai dibangun lantaran terkendala cuaca yang sering turun hujan saat ini. “Kami belum bisa memastikan kapan proyek ini akan selesai, mengingat cuaca yang sering hujan saat ini,“ ujar Pengawas proyek Cipta Karya Jateng, Rudi Dwi Sulistyo.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge