0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

International Culture Gathering Night

Malam Pengakraban Mahasiswa Asing di UNS

Solo – Suasana Sabtu malam, (11/12) di Auditorium Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) tampak berbeda dari biasanya. Gedung yang tiap tahun selalu digunakan mewisuda lulusan UNS ini kemarin malam tampak ramai dengan berbagai kegiatan seni. Namun uniknya kegiatan kesenian ini digelar oleh para mahasiswa asing yang belajar di UNS.

Sebanyak 106 mahasiswa asing yang saat ini melakukan studi di universitas sebelas maret (UNS) ikuti International Culture Gathering Night (11/12). Dalam kegiatan itu mahasiswa yang brasal dari 25 negara mementaskan kebudayaan Negara asalnya.

Dr. Paramasari Dirgahayu,  koordinator International Student Service Office UNS kepada Timlo.net  mengatakan kegiatan tersebut merupakan program tahunan yang diselenggarakan UNS dalam rangka mengakrabkan dan memperkenalkan budaya antar  Negara asal mahasiswa asing. “Kegiatan ini memang rutin dilakukan di akhir tahun. Yang merupakan puncak kegiatan mahasiswa asing,” ungkapnya di sela-sela International culture gathering Sabtu malam (11/12).

Kegiatan yang digelar selama dua kali dalam satu dalam satu tahun tersebut, bertujuan untuk menghilangkan ketegangan yang ada pada mahasiswa selama menempuh pendidikan di Indonesia. “Selama di Indonesia, pastinya mereka akan mengalami shock culture. Namun dengan acara ini diharapkan mampu mengurangi ketegangan bahkan menjadi ajang untuk saling mengenal,” lanjutnya

Sementara salah satu mahasiswa program darmasiswa asal Romania, Horia mengatakan bahwa pihaknya sangat senang berada di Indonesia. “Ramah sekali orang Indonesia. UNS pun juga seperti itu. Program studinya juga bagus. Kami mendapat kelas bahasa Indonesia setiap hari,” ungkapnya yang sudah cukup lancar berbahasa Indonesia itu. Dirinya mengikuti program darmasiswa untuk mempelajari bahasa serta budaya Indonesia. Selain itu Horia juga mengatakan bahwa dirinya sangat tertarik dengan budaya Solo, seperti Keraton, batik, dan gamelan. Dia juga senang sebab memiliki banyak teman baik dari Indonesia sendiri maupun dari Negara lain.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge