0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kolaborasi Sastrawan Jerman Dan Indonesia

Sosiawan Leak dan Martin Jankowski Tampil Bersama

Solo – Martin Jankowski Sastrawan asal Berlin, Jerman dan Sosiawan Leak Sastrawan Solo, dijadwalkan akan tampil secara kolaboratif di Pendapa “Dunia Tera”, Jl. Balaputradewa 99 Wanurejo, Borobudur, Magelang.

Acara tersebut akan berlangsung Minggu, 12 Desember 2010 akan menampilkan kedua sastrawan dengan melakukan “Teks Reading” dalam 2 bahasa (Jerman dan Indonesia), baik secara bergiliran maupun secara bersamaan.

Adapun materi “Teks Reading” yang akan menjadi acuan penampilan mereka berdua adalah nukilan Novel “Rabet: Runtuhnya Jerman Timur” (karya Martin Jankowski), puisi karya Sosiawan Leak (terangkum dalam Antologi Puisi “Dunia Bogambola”) dan puisi karya Martin Jankowski (terangkum dalam Antologi Puisi “Detik-detik Indonesia”).

Konsep pemanggungan “teks reading”, kedua sastrawan itu akan dilengkapi dengan penampilan teatrikal (teknik vokal, ekspresi, akting, blocking dan moving). Pada saat mereka melakukan pembacaan teks secara bersamaan (satu waktu) mereka masing-masing akan menggunakan bahasa Jerman (Martin) dan Indonesia (Leak).

Pembacaan semacam ini dirancang akan memunculkan efek pembentuk suasana dan dinamika pertunjukan dari masing-masing bahasa. Jadi, terkadang bahasa yang satu akan menjadi ilustrasi bagi bahasa yang lain. Tergantung darimana auidiens mencermatinya.

Bagi Martin Jankowski sendiri, penampilannya di “Dunia Tera” itu bakal melengkapi program kelilingnya di Indonesia kali ini, dalam rangka sosialisasi novel terbarunya Rabet: Runtuhnya Jerman Timur”. Itulah kenapa selain penampilan kolaboratif itu acara juga akan dilengkapi dengan diskusi sastra (utamanya menyoal proses kreatif dan analisa atas novel itu) yang dimoderatori oleh Dorotea Rosa Herliany (Sastrawan Magelang). Sebelumnya, Martin juga telah mensosialisasikan novel tersebut di Banda Aceh, Bandung, Jakarta, Surabaya, Papua dan Bali.



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge