0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Delegasi Luar Negeri Ramaikan Srawung Seni Candi

Pagelaran Srawung Seni Sakral di Padepokan Lemah Putih, baru-baru ini (dok.timlo.net/achmad khalik)

Karanganyar —┬áPadepokan Lemah Putih bakal menggelar acara rutin tahunan bertajuk ‘Srawung Seni Candi’ yang diselenggarakan di kompleks Candi Sukuh, Ngargoyoso, Karanganyar. Rencananya even tersebut akan digelar selama dua hari mulai Senin (31/12) hingga Selasa (1/1).

Koordinator acara, Retno Sayekti Lawu mengatakan tujuan digelarnya acara tersebut sebagai upaya mempertahankan budaya yang saat ini mulai luntur tergerus arus globalisasi. Selain itu juga bentuk mendekatkan antara seniman dalam jalur kontemporer dan tradisional.

“Gelar Srawung Seni Candi kali ke-9 ini sebagai upaya untuk mempertahankan budaya di era modernisasi saat ini, disamping itu juga sebagai bentuk pencarian pengalaman menarik bagi seniman dan budayawan untuk menyumbangkan kekuatan bagi kesenian dan kebudayaan Indonesia,” ujarnya saat dihubungi Timlo.net, Selasa (25/12).

Even tersebut, lanjut dia, akan menampilkan puluhan delegasi seniman dan budayawan baik dari dalam maupun luar negeri seperti Hinaq Denga’n (Kalimantan), Chan Sze-Wei (Singapura), Norishan Osman (Singapura), Kelompok Sunya (Bandung-Jakarta), Kelompok Dapur Seni (Jepara), Diane Butler (Bali-Amerika), Suprapto Suryodarmo (Solo) dan masih banyak yang lain.

Diharapkan dalam perhelatan tersebut tumbuh rasa kebersamaan, gotong royong, bowo roso dan ngudo roso antara pihak-pihak yang terlibat, baik itu dari penonton,
pengamat, maupun penyaji.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge