0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penglihatan Agar Bisa Berfungsi Baik

PERDAMI dan RSI Klaten Gelar Operasi Katarak Gratis

Klaten –Rumah Sakit Islam (RSI) Klaten bekerjasama dengan Persatuan Dokter Ahli Mata (PERDAMI) Yogyakarta, Minggu (28/11), menggelar operasi katarak gratis untuk 50 pasien di Lantai I gedung Instalasi Rawat Darurat RSI Klaten.

Tim dari PERDAMI sendiri berjumlah kurang lebih 27 orang yang terdiri dari dokter ahli mata beserta tim untuk operasi katarak. Tim dipimpin oleh Prof. Soeharjo, SU, Sp. M (K). Sedangkan tim dari RSI Klaten terdiri dari karyawan bagian medis dan non medis berjumlah 64 orang yang diketuai dr. H. Syaiful Huda.

Program bakti sosial ini merupakan rangkaian HUT RSI Klaten ke-24. ”Tujuannya untuk membantu warga yang mempunyai masalah yang berhubungan dengan penglihatan agar bisa berfungsi kembali dengan baik,” ujar Public Relations RSI Klaten, Agus Susanto kepada Timlo.net, Minggu (28/11).

Dijelaskannya, usia rata-rata para pasien adalah usia lanjut diatas 50 tahun yang berasal dari berbagai wilayah sekitar kota Klaten. Dalam operasi katarak itu menggunakan tehnik lensa tanam atau Intra Oculair Lens (IOL). ”Sehingga pasien setelah operasi tidak perlu menggunakan kaca mata berlensa tebal,” jelasnya.

Namun pada pelaksanaannya, kata Agus, hanya 28 pasien yang layak untuk dilakukan operasi katarak. Sedangkan pasien yang belum layak untuk operasi katarak antara lain disebabkan oleh gula darah yang tinggi, hipertensi, katarak yang belum matang dan beberapa penyebab lainnya.

Selain operasi katarak, di Lantai III Hall Rawat Jalan dilangsungkan kegiatan pemeriksaan dan pemberian kacamata gratis untuk 100 anak siswa Sekolah Dasar dan Madrasah yang berasal dari daerah-daerah di sekitar Kabupaten Klaten.

”Hal tersebut untuk membantu siswa-siswi SD yang mengalami gangguan penglihatan terutama anak-anak dari keluarga kurang mampu agar mata dapat berfungsi kembali dengan baik,” imbuh Agus.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge