0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

“Sastrawan Indonesia Keliling Bareng Sastrawan Jerman”

Leak Bakal Temani Martin Jankowski Sastrawan dari Jerman

Solo – Penerbit Waktoe bekerja sama dengan Goethe Institut Jakarta akan menampilkan Martin Jankowski (Sastrawan Jerman) untuk hadir di beberapa kota di Indonesia, berdiskusi sambil meluncurkan buku terbarunya yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Rabet: Runtuhnya Jerman Timur.

Dalam penampilannya di Auditorium FBS Universitas Negeri Surabaya (Selasa, 30 November 2010) dan di Auditorium, Universitas Muhammadiyah Surabaya (Selasa, 30 November 2010) serta di Dunia Tera Jl. Balaputradewa, Borobudur Magelang (Minggu, 12 Desember 2010), secara khusus Martin akan di temani oleh Sosiawan Leak (Sastrawan/Dramawan Solo) & Dorothea Rosa Herliany (Sastrawan Magelang) yang masing-masing bertindak sebagai narasumber diskusi di samping sebagai performer dalam acara itu.

Sebelumnya, program yang sama juga telah digelar di Banda Aceh (15 November 2010), Bandung (23 November 2010), Jakarta (24 November 2010). Usai dari Surabaya acara semacam itu juga akan digelar di Biak, Papua (4 Desember 2010), Denpasar, Bali (10 Desember 2010) dan Magelang (12 Desember 2010).

Buku roman karya Martin Jankowski sendiri bercerita dari perspektif seorang pemuda Jerman Timur yang mengalami kejadian dan suasana di tahun 1989, pada saat-saat terakhir keberadaan Republik Demokrasi Jerman.  Secara tidak sengaja dan demi mencari kehidupan karir untuk terlepas dari “jeruji” masyarakat sosialis, pemeran utama (Benjamin Grasmann) terlibat pusaran kejadian pada saat-saat terakhir negara Jerman Timur. Tokoh inilah yang melibatkan pembaca ke dalam “revolusi damai” yang telah melenyapkan pemerintah negara Jerman Timur.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge