0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

ISI Yogyakarta Sajikan Tari Centana-Acentana

Ajakan Melihat Kesadaran

Solo – Centana-Acentana ditampilkan dalam sebuah repertoar karya tari yang dimainkan oleh kelompok penyaji dari ISI Yogyakarta dalam Mabarong Gong kebyar ke-2 di Pendhapa ISI Surakarta, Jumat malam, (26/11). Tari bernuansa Bali ini mengajak untuk melihat kembali tingkat kesadaran kita sebagai umat manusia.

Centana adalah aspek kejiwaan alam semesta, sedangkan Acentana adalah aspek kebendaan alam semesta. Pertemuan dari dua unsure itulah yang akan melahirkan kehidupan. Namun kadangkala kedua aspek yang saling bertolak belakang tersebut saling mempengaruhi. Pada hakekatnya kedua unsur tersebut amatlah penting dan dibutuhkan sebuah kesadaran sebagai pengendalinya.

Akhirnya sebuah kesadaran jiwa untuk mengendalikan alam agung dan alam alit, maka kedamaian dan kesejahteraan akan muncul. Sajian materi tersebut dibuat dalam fragmen tari yang dimainkan oleh 11 pemain.

Tarian tersebut menjadi sajian akhir yang disajikan oleh ISI Yogyakarta dalam event dua tahunan Mabarong Gong kebyar ke-2. Sebelumnya 3 sajian dimainkan secara bergantian antara ISI Yogyakarta dan ISI Surakarta.



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge