0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pementasan Festival Ketoprak Tingkat Jawa Tengah 2010

Darmaning Satryo, Kisah Dua Sahabat dan Konflik Kepentingan

Solo – Menarik, itulah yang dimainkan Komunitas Ketoprak Muda Surakarta tatkala tampil dalam Festival Ketoprak Tingkat Jawa Tengah 2010. Menurut Gigok Anurogo, Kurator Festival Ketoprak, para anak muda yang menggeluti kesenian ketoprak itu mengambil lakon Darmaning Satryo yang menceritakan sebuah konflik kepentingan antara kedua belah wilayah, yakni Mataram dan Pajang.

“Lakon ini awal mulanya mengisahkan tentang 2 orang sahabat bernama Taruna dan Sembada. Sejak kecil mereka sudah menjalin persahabatan. Untuk menandai persahabatan itu, mereka menanam pohon di daerah Manisrenggo. Setelah dewasa mereka mencari jalan hidupnya masing-masing. Taruna yang putra seorang Demang Manisrenbggo menjadi Wirotamtama Pajang, sedangkan  Sembada anak seorang petani tetap menadi petani,” ujarnya kepada Timlo.net di sela-sela latihan di Pendapa Taman Budaya Jawa Tengah, Selasa (9/11).

Gigok melanjutkan, konflik kemudian terjadi ketika terjadi pergeseran pemerintahan di Pajang. Korupsi mulai merajalela di wilayah ini. Sementara itu ada benturan antara keraton Pajang dan berdirinya Mataram. Konflik ini juga memaksa kedua sahabat ini memilih jalan sendiri-sendiri. Taruna tetap memilih di Pajang karena dia adalah seorang Wirotamtama Pajang, Sembada memilih kehidupan yang lebih baik dengan memilih bergabung ke Mataram. Akhirnya terjadi peperangan diantara kedua belah pihak. Kedua orang ini membela masing-masing kepentingannya.

“Di akhir dialog ada ungkapan seperti ini. Ora Ono Sedulur utawa Musuh kang Langgen Sing Ana Kepentingan Sing Langgen. Dialog ini menjadi konklusi dari pementasan lakon ini,” paparnya.

Gigok juga mengatakn bahwa naskah tersebut sangat kontekstual dengan jaman sekarang. “Tidak ada saudara di jaman ini hanya kepentingan yang bermain diatasnya. Lakon ini sengaja dipiliih karena kondisi situasi yang terjadi saat ini”, katanya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge