0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pertunjukkan Teater oleh Kelompok Cekal, Fisip UNISRI Dalam Rangka Penggalangan Dana Untuk Korban Merapi

“Mbah Petruk” Tampil di Balekambang

Solo – Sosok Mbah Petruk yang erat dengan meletusnya Gunung Merapi ternyata dijadikan sebuah pertunjukan sosial untuk penggalangan dana. Pertunjukan ini diprakarsai oleh Kelompok Teater Cekal FISIP UNISRI.

Acara yang digelar di Taman Balekambang Solo, Minggu (7/11) siang. Menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat yang memadati areal Taman Balekambang.

Cukup hanya dimainkan 20-an orang kelompok teater Cekal, UNISRI Solo ini mampu mengambil hati masyarakat yang ada di Taman Balekambang. Mengambil lokasi dua meter dari bibir kolam pemancingan, cerita bertajuk 'Mbah Petruk Ngamuk' dipentaskan selama hampir 30 menit.

Asisten sutradara, Ketut Anwar mengemukakan perihal kejadian meletusnya gunung Merapi yang menewaskan ratusan nyawa tak berdosa. Menurutnya, selain itu merupakan kejadian alam, secara singkat ia katakan bahwa se-per berapa persennya adalah hasil eksploitasi manusia.

“Manusia sudah kelewat batas melakukan eksploitasi terhadap alam. Tanpa mengesampingkan bahwa kejadian meletusnya gunung Merapi adalah gejala alam, namun fakta di lapangan membuktikannya,” ujar Ketut.

Naskah cerita yang dibuat oleh Stefani Nanda Kusuma diatas merupakan hasil pengamatan kritisnya menyaksikan keganasan alam yang tengah “menghukum” bangsa. Lanjut Kentut diakhir acara, pentas teater yang digelar di Balekambang merupakan kegiatan ngamen yang didedikasikan bagi para korban bencana Merapi.

Hasil dari serangkaian pentas keliling yang dilakukan kelompok Cekal kemarin, wartawan mendapat informasi jika telah terkumpul uang kurang lebih sekitar Rp 500.000, dan rencananya akan segera disalurkan ke posko bantuan Merapi. 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge