0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kebersamaan Warga Dukuh Gedangan Cepogo

Inisiatif Bikin Posko Darurat

Boyolali – Bersatu dalam membangun kepingan harapan itulah yang terlihat dari warga Gedangan Kecamatan Cepogo. Gempuran awan panas yang keluar dari merapi turut membuat mereka was-was. Keputusan meninggalkan dukuh pun diambil demi keselamatan seluruh warga.

Namun ada hal yang menarik dari warga tersebut. Di tengah kondiisi masyarakat lain yang membutuhkan bantuan tim SAR untuk evakuasi atau bahkan evakuasi secara paksa. Warga ini justru inisiatif mengamankan diri menuju lokasi yang lebih aman.

Tidak hanya itu, para pemuda Gedangan dengan sigap mengevakuasi para warga yang masih lanjut usia. “Di sini para pemuda adalah tim SAR kampung. Mereka harus siap mengamankan warga dan menyelamatkan warga dari bencana Merapi,” tutur H. Suparno kepada wartawan Timlo.net di SDN Randu I, Cepogo, Boyolali.

Kita berada di SD ini atas inisiatif warga sendiri. Daripada kita bertahan dirumah akan lebih berbahaya. Pasalnya bau belerang sudah tercium apalagi debu vulkanik juga sudah turun, lanjutnya.

Dalam waktu singkat, sekolah yang tadinya masih menjadi tempat belajar mengajar, kini telah menjadi posko sementara. Kekompakan juga terlihat dari warga ini. Tanpa di koordinasi para ibu-ibu langsung menuju dapur mempersiapkan minuman dan makan pagi bagi para pengungsi yang berjumlah 600an ini.

“Kita juga ada mantri yang dengan sukarela memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi para warga yang mulai merasa sakit,” imbuh Suparno.

Untuk waktu berlangsungnya posko, pria yang dituakan ini mengaku masih belum mengetahui secara pasti. “Kita melihat perkembangan dulu. Kalau masih bahaya kita akan tetap bertahan di sini. Kalau sudah aman, tentu saja kita akan kembali ke rumah masing-masing,” katanya.
 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge