0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemilihan Kepala Desa di Sukoharjo

Warga Usia 25 Tahun dan Berpendidikan SLTP Boleh Daftar Calon Kades

Suramto, Kepala Bagian Pemerintahan Desa Pemkab Sukoharjo (Dok. Timlo.net/ Sahid)

Sukoharjo — Pemerintah Kabupaten Sukoharjo terus melakukan persiapan menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 125 desa pada 3 Desember mendatang.

Hingga saat ini, tahapan pelaksanaan Pilkades serentak telah sampai pada tahap pembuatan tata tertib. Sebelumnya telah diawali dengan pembentukan panitia Pilkades.

Kepala Bagian Pemerintahan Desa Pemkab Sukoharjo, Suramto mengatakan, setelah pembuatan tata tertib yang dijadwalkan hingga 1 November, kemudian dilanjutkan tahapan pengumuman lowongan Bakal Calon Kepala Desa yang dijadwalkan mulai 2 hingga 10 November.

“Setelah pengumuman lowongan, kemudian dilanjutkan pendaftaran bakal calon 12-21 November. Pendaftaran pemilih pada 23 November, penetapan dan pengumuman daftar pemilih tetap pada 24 November. Penelitian berkas lamaran calon Kepala Desa 22-30 November, kemudian penetapan dan pengumuman Calon Kepala Desa pada 1 Desember. Pengundian tanda gambar dilanjutkan kampanye pada 2 Desember dan Hari H pilkades 3 Desember,” jelas Suramto, Rabu (31/10).

Dijelaskan lebih lanjut, siapapun dapat mendaftar menjadi bakal calon Kepala Desa. Mengenai persyaratan administrasi sesuai aturan, minimal pendidikan bakal calon Kepala Desa memiliki ijazah SLTP dengan usia minimal 25 tahun.

Sementara itu, Pemkab akan terus mengawal pelaksanaan pilkades serentak hingga tahapan terakhir pelantikan Kepala Desa terpilih pada 21 Desember. Suramto menghimbau warga masyarakat untuk sportif dan menggunakan hak pilihnya dengan baik, serta menjaga kondusifitas dilingkungan masing-masing.

“Masalah keamanan Bagian Pemdes telah bekerja sama dengan Kesbangpol Linmas menggandeng unsur keamanan di wilayah Kecamatan seperti Polsek, Koramil dan Linmas,” imbuhnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge