0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Olahan Tepung Wonocaf Jadi Primadona Pameran

Aneka olahan berbahan baku Wonocaf terpajang di gelaran Wonogiri Super Expo 2012 di GOR Girimandala Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri  —  Keinginan Pemkab Wonogiri untuk memasyarakatkan makanan olahan berbahan Wonocaf (Wonogiri Cassava Fermentation) rupa-rupanya mendapat respon positif. Dalam ajang pameran Wonogiri Super Expo 2012 di Komplek GOR Girimandala, aneka sajian berbahan Wonocaf tersebut laris diserbu pengunjung.

Riyanto (48) warga Kelurahan Wonokarto, Kecamatan Kota Wonogiri mengaku hasil olahan dari Wonocaf banyak diminati. Hal tersebut menuutnya merupakan angin segar yang memberinya motivasi guna semakin eksis di industri pembuatan tepung Wonocaf.

“Banyak yang datang ke stand saya, banyak pula yang heran sebab tidak percaya bahan beragam makanan seperti kue nastard maupun brownies, atau bolu kukus buatan kami terbuat dari tepung singkong,“ ujar Riyanto kepada Timlo.net, Rabu ( 31/10).

Terpisah, Kepala Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Wonogiri, Safuan menjelaskan Wonocaf memang nyaris tidak mengisyaratkan berasal dari singkong. Pasalnya dari aroma maupun rasa sama  sekali tidak ada khasnya seperti rasa dan aroma singkong.

“Karena telah mendapat perlakuan fermentasi dengan memakai enzim tertentu, maka bau dan rasa singkongnya telah hilang, jadi hampir sama seperti layaknya tepung terigu atau tepung yang lain, ini yang semestinya membuat masyarakat yakin untuk tidak ragu mengolah makanan dari Wonocaf,“ jelas Safuan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge