0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perupa Pintu Mati Eksplorasi Setubuh

Sejumlah karya Komunitas Perupa Peti Mati dipamerkan di Balai Soedjatmiko Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Eksplorasi bentuk tubuh ke dalam karya dua dimensi dipamerkan oleh Komunitas Perupa “Pintu Mati” di Balai Soedjatmoko, Solo, Selasa (30/10). Dengan mengangkat tema “‘Setubuh”, para perupa ingin mengekspresikan bentuk tubuh sempurna yang merupakan rahmat pemberian dari Tuhan. Bentuk lukisan mulai dari abstrak dipadu dengan aliran suryalis serta lukisan deformasi tubuh menghiasi pameran tersebut.

Sebanyak 16 lukisan yang dipamerkan tersebut mencuri perhatian pengunjung. Bagaimana tidak. Banyak di antara mereka memperhatikan dengan detail tiap goresan dan coretan lukisan tersebut.

Salah seorang peserta pameran dari kelompok ‘Pintu Mati’, Emanuel Putro Prakoso mengatakan, diangkatnya tema “Setubuh” karena tubuh dianggap sebagai suatu yang sempurna pemberian dari yang Maha Kuasa. Disamping itu, karya dua dimensi yang mengekplorasi bentuk tubuh saat ini sudah sangat jarang sekali dikembangkan, sehingga melalui pameran tersebut, ia bersama sejumlah perupa ingin menyajikan karya yang sudah ada sejak tahun sebelum Masehi tersebut.

“Karya-karya dengan konsep “Setubuh” ini sebenarnya sudah ada sejak sebelum Masehi, namun untuk saat ini agak kurang berkembang karena banyak perupa yang meminati konsep yang lain,” ungkapnya.

Ditambahkan, karya-karya eksplorasi tubuh tersebut bukanlah ingin menampilkan kesan porno maupun vulgar, namun melalui pameran tersebut ingin ditampilkan bahwa “kebersatuan tubuh” merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan, seperti hal-hal yang berkaitan ikut diciptakan layaknya langit dan bumi, matahari dan bulan, dan sebagainya.

“Melalui pameran ini kami ingin menunjukkan bahwa tubuh merupakan suatu karya keindahan dari unsur kebersatuan. Dengan balutan unsur-unsur modern seni rupa akan menghadirkan karya yang bisa dinikmati serta mempunyai segi artistik yang menawan,” paparnya.

Pameran dari Kelompok Pintu Mati tersebut dipamerkan sejak tanggal 27 Oktober dan berakhir 31 Oktober.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge