0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bidik Penyaluran Kredit 50:50

Mutiara Kembangkan Sayap ke Segmen Mikro

Direktur Utama PT Bank Mutiara Tbk, Maryono (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — PT Bank Mutiara Tbk kini makin agresif mengembangkan sayap bisnisnya ke segmen mikro. Dari sisi lending, bank yang 99,9 persen sahamnya dikuasai pemerintah ini akan memacu penyaluran kredit dengan masuk ke sektor tersebut.

Komitmen perseroan menggenjot pertumbuhan bisnis dari sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), diakui Direktur Utama PT Bank Mutiara Tbk, Maryono, tidak lepas dari niat bank tersebut untuk menjadi bank retail terbaik, sekaligus membantu masyarakat di segmen retail.

“Sekarang itu, kontribusinya antara kredit menengah dengan kredit kecil dibanding konsumer itu sudah 35:65 yang sebelumnya komposisinya adalah 10:90. Ini akan kami turunkan di kreditnya, kecil sama konsumer ini komposisinya 50:50, jadi kami akan berpihak pada bisnis usaha rakyat,” jelasnya kepada wartawan, Selasa (30/10).

Penyeimbangan porsi pembiayaan menjadi 50:50 tersebut diharapkan bisa semakin mempercepat pertumbuhan aset. Termasuk mempercepat pertumbuhan laba sekaligus net interest margin. Melalui strategi inilah yang menurut Maryono sengaja dilakukan guna membuat kinerja bank ini semakin mengkilap.

Hingga akhir 2012 mendatang direncanakan perseroan bakal mengoperasikan sepuluh hingga 15 outlet mikro yang tersebar di Jakarta, Tangerang dan Bekasi. Selanjutnya, pada 2013 perseroan akan menambah 50 hingga seratus outlet mikro.

Sebelumnya, secara konsisten bank ini memberikan pembiayaan ke sektor UMKM, sektor konsumsi seperti kredit kepemilikan kendaraan yang disalurkan dengan sistem channeling melalui perusahaan multifinance, kepemilikan rumah/apartemen (KPR/KPA) serta kredit tanpa agunan (KTA).



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge