0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilgub, KPU Solo Buka Pendaftaran PPK dan PPS

Ketua KPU Kota Surakarta, Didik Wahyudiono (Dok.Timlo.net/daryono)

Solo — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo mulai melakukan perekrutan personel Badan Penyelenggara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2013. Perekrutan itu dimulai dengan merekrut personel Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dilanjutkan perekrutan personel Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Pengumuman rekrutmen PPK sudah dilakukan sejak Senin (29/10). Selebaran pengumuman disebar di lima kecamatan di Solo, agar diketahui masyarakat. “Jika masyarakat berminat mendaftar sebagai personel PPK, bisa mendaftar di kantor kecamatan setempat, dengan menyerahkan berkas-berkas yang diperlukan,” kata Ketua KPU Kota Surakarta Didik Wahyudiono.

Dikatakan, berkas pendaftaran PPK di kecamatan nanti akan diserahkan ke KPU untuk diseleksi secara administrasi pada 8-10 November mendatang. “Yang lolos seleksi administrasi akan diumumkan 11 November, dilanjutkan tes wawancara pada 12-15 November mendatang. Peserta yang lolos, akan dilantik menjadi personel PPK pada 20 November,” jelasnya.

Sedangkan rekrutmen PPS akan diumumkan 5 November mendatang, dilanjutkan seleksi administrasi 17 November dan wawancara pada 21 November. Pengumuman peserta yang lolos seleksi dilakukan 22 November dan personel PPS akan dilantik 26 November.

“Untuk personel PPK, butuh 25 orang. Tiap kecamatan perlu lima personel PPK. Sementara untuk PPS, ada tiga orang yang bertugas di setiap kelurahan. Di Solo ada 51 kelurahan, berarti kebutuhannya 153 personel PPS,” tutur Didik.

Setelah Badan Penyelenggara Pilgub di tingkat kecamatan dan kelurahan terbentuk, KPU akan segera melaksanakan pemutakhiran data pemilih. Tahapan ini rencananya dilaksanakan Desember mendatang.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge