0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

20 Koperasi di Solo Terima Bantuan

Solo — Dinas Koperasi (Dinkop) dan UMKM Kota Solo kembali menyerahkan bantuan ke sejumlah koperasi yang bernaung di wilayah kerjanya, Selasa (30/10). Kali ini, instansi pemerintah daerah tersebut mengulurkan bantuan bagi 20 koperasi yang dinilai beromzet kecil.

Dari 20 koperasi penerima bantuan itu, menurut Kabid Koperasi Dinkop dan UMKM Kota Solo, Didik Adi Putranto, sebagian besar merupakan koperasi serba usaha (KSU). Masing-masing koperasi yang terdiri dari KSU, koperasi simpan pinjam (KSP) dan BMT menerima bantuan berupa sarana pendukung kerja, dalam hal ini kursi dan almari file.

Nilai bantuan tersebut mencapai Rp 24 juta yang diambil dari dana cukai. Adapun dipilihnya kedua sarana itu, diakui Didik, tidak lepas dari kebutuhan sarana pendukung operasional koperasi.

Mengingat berdasarkan hasil inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan kerap kali ditemukan koperasi tidak melaporkan laporan triwulan ataupun rapat anggota tahunan (RAT), lantaran tidak memiliki anggaran untuk kegiatan administrasi.

Tercatat, sekira 30 persen koperasi di Kota Bengawan belum memberikan laporan triwulan maupun RAT secara rutin ke Dinkop dan UMKM Kota Solo.

Adapun terkait pemberian bantuan sarana pendukung operasional tersebut, dikatakan Didik, baru kali pertama ini dilakukan. Sementara kegiatan yang secara rutin digelar, yakni pemberian dana stimulan bagi 60 hingga 70 koperasi



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge