0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tim Penilai WTN Soroti Sejumlah Permasalahan Lalu Lintas di Solo

ilustrasi (foto. dok)

Solo —  Keterbatasan jaringan insfrastruktur jalan dan integrasi antar moda transportasi menjadi sorotan utama tim penilai Wahana Tata Nugraha (WTN) di Kota Solo. Penilaian WTN sendiri dilakukan oleh tim dari jajaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terhadap sejumlah kota di Indonesia.

Penilaian dilakukan dengan melihat komitmen Pemerintah Daerah dalam upayanya mengatasi permasalahan lalu lintas yang dihadapi di masing-masing wilayah. “WTN merupakan sarana untuk komunikasi antara Pemerintah Pusat, Propinsi dan kota untuk bersama-sama membangun transportasi darat di sebuah kota,” kata Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Jalan Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Kemenhub, Ahmadi, kepada wartawan, Selasa (30/10).

Khusus di Kota Solo, pihaknya menyoroti beberapa permasalahan terkait potensi terhambatnya kelancaran lalu lintas. Di antaranya, belum adanya jalan lingkar kota Solo yang menyebabkan masih masuknya kendaraan luar kota. “Kendaraan luar kota yang harusnya tidak perlu masuk ke Solo masih terpaksa dimasukkan ke dalam kota karena belum ada ring roadnya,” terangnya.

Sejumlah permasalahan lain, yakni banyaknya perlintasan sebidang yang ada di dalam kota menghambat laju kelancaran kendaraan bermotor. Belum terintegrasinya terminal dan stasiun juga dinilai sebagai satu kajian khusus yang harus diselesaikan oleh Pemkot.

Menurutnya, penilaian yang dilakukan kali ini akan dijadikan rekomendasi penilaian di tahun 2013 mendatang. Pada penganugerahan WTN terakhir kalinya, Kota Solo mendapat gelar WTN Kencana karena telah mendapatkan gelar yang sama selama 5 kali berturut-turut.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge