0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Batik Tulis Wonogiri Punya Keunikan Tersendiri

Sukimin dan Indarti (kanan) melayani pesanan batik tulis di showroomnya, Selasa (30/10) (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri – Satu lagi koleksi batik tulis asli Wonogiri mulai mencuat di permukaan. Labelnya Batik Kenanga Mulya, dan ada beragam keunikan di dalam setiap karya batik ini. Salah satunya proses pengerjaan yang lama.

Untuk menyelesaikan satu kain batik ukuran panjang 2 meter lebar sekitar satu meteran membutuhkan waktu paling tidak satu minggu. Tapi dengan begitu kualitas dan hasil akhirnya disebutkan sang pembuat lebih terjaga.

“Memang terbilang lama, untuk membuat desain dasar di atas kain saja butuh dua hari, ditambah proses penulisan, pewarnaan dan finishingnya, tapi berani menjamin awet dan berkualitas tidak luntur,“ tutur Sukimin diamini Indarti, suami-istri pemilik usaha Batik Kenanga Mulya di showroomnya, Dusun Bledo Wonokerto Kecamatan Kota Wonogiri, Selasa (30/10).

Lantaran berani memberikan garansi seperti itu, keduanya lebih bisa mengeksplor dalam pemilihan warna. Tak hanya warna kalem seperti hitam, biru tua, coklat atau abu-abu. Pun warna ngejreng seperti pink, ungu,kuning, merah marun, bahkan gradasi warna telah berani dilakukan di atas media kain batik mereka.

“Kalau soal motif kami pilih yang natural, seperti burung, aneka satwa, atau tetumbuhan, cuma yang jelas sangat beda dengan motif lain yang sudah lebih dulu muncul di pasaran,“ tandas Indarti.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge