0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tunjangan Perumahan Dewan Solo Diwacanakan Naik

Ketua Komisi I DPRD Surakarta, Mariyuwono (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Tunjangan perumahan anggota DPRD Solo diwacanakan naik pada 2013 mendatang. Nominal kenaikan berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 175.000/ bulan. Perihal wacana kenaikan itu, Komisi I DPRD Solo dengan Bagian Organisasi Sekretariat (Setwan) DPRD tengah membahasnya. Pembahasannya masih alot dan belum menghasilkan keputusan.

Ketua Komisi I DPRD Solo, Maryuwono mengatakan jika kenaikan tunjangan perumahan DPRD baru sebatas wacana. “Itu baru sebatas usulan dan masih dibahas. Jadi, memang belum pasti. Nominal kenaikannya pun juga bisa dibilang sedikit,” katanya kepada wartawan, Senin (30/10).

Maryuwono menyebutkan jika saat ini dana tunjangan 40 anggota DPRD Solo sebesar Rp 3,7 juta/ bulan. Namun, di tahun depan diprediksi naik antara Rp 100.000 hingga Rp 175.000/ bulan.  Jadi, jika jadi naik setiap wakil rakyat akan mendapatkan tunjangan rumah sekitar Rp 3,8 juta/ bulan atau kenaikan sebesar Rp 1,2 juta/ tahun.Wacana itu kenaikan itu sendiri didasarkan pada kenaikan tingkat inflasi di Solo.

Di sisi lain, pihaknya juga tidak ingin dicap sebagai wakil rakyat yang “gila uang”. Pasalnya, kenaikan tunjangan tidak seberapa dan itu juga belum pasti. “Jangan sampai karena uang Rp 100.000 kami dihujat habis-habisan oleh warga Solo. Kami tidak akan ceroboh dalam memutuskan,” kata dia lagi.

Terpisah, Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD Solo, Supriyanto membenarkan wacana itu. Kendati demikian, pihaknya belum mendapatkan laporan secara formal oleh Komisi I. “Belum ada laporan resmi yang masuk ke kami. Tapi memang ada wacana kenaikan itu. Tapi nominalnya berapa itu yang belum jelas,” katanya.

Politisi Partai Demokrat itu menambahkan, jika masalah itu menjadi ranah Komisi I untuk membahasnya. “Ya kita tunggu saja apakah memang ada kenaikan di 2013 atau tidak,” ujar Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat itu.

terkait wacana itu, ketidaksetujuan disampaiakan Ketua Banggar DPRD Solo, YF Soekasno. Menurutnya, tunjangan yang saat ini diterima DPRD sudah cukup. “Kenapa dinaikkan? Dari pada untuk tunjangan perumahan, lebih baik untuk program lain yang lebih penting,” kata Soekasno.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge