0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

7 Parpol Wonogiri Digelontor Dana Rp 890 Juta

Bintek keuangan parpol Wonogiri, Senin (29/10) (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Pemkab Wonogiri melalui Bakesbangpolinmas (Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat) menggelontorkan dana kepada 7 parpol (partai politik). Tak tanggung-tanggung dana yang diberikan sekitar Rp 890 juta.

Ketujuh parpol penerima dana adalah PDIP, Partai Golkar, PKS, Partai Demokrat, PAN, Gerindra dan PAN. Dengan parpol penerima terbanyak adalah PDIP senilai Rp 400 juta. Pasalnya partai ini mendapat kursi legislatif tertinggi. Sedangkan yang lainnya beragam, ada yang Rp 200 juta, ada pula yang kurang dari itu.

Ketentuan pemberian bantuan tersebut  diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Parpol. Regulasi tersebut mengatur bantuan keuangan yang diberikan kepada Parpol pemegang kursi di DPR, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

Staf Ahli Bupati Wonogiri Bidang Pemerintahan, Suparno pada pembukaan Bintek Pengelolaan Keuangan Parpol, Senin (29/10) di RM Jawa Saraswati, Brumbung, Wonogiri mengatakan, dana agar dipergunakan sesuai arahan.
“Sebagai konsekuensi, setelah mendapat bantuan ini Parpol berkewajiban menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepada pemerintah setelah diperiksa oleh BPK, Jika Parpol melanggar ketentuan, maka akan diberikan sanksi administratif berupa penghentian bantuan keuangan,” jelasnya.

Di tempat sama, Kepala Bakesbangpolinmas Wonogiri, Gatot Gunawan mengharap parpol  bisa menggunakan bantuan tersebut untuk melakukan pendidikan politik kepada masyarakat seperti sosialisasi 4 pilar bangsa dan perekrutan kader partai. “Dana itu bukan diperuntukkan untuk kampanye, hanya untuk pendidikan politik,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge