0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Akibat Tak Terserap

Dispertan Sukoharjo Kembalikan Bantuan Rp 3,3 M ke Pusat

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukoharjo, Giyarti (dok.timlo.net/sahid b sutanto)

Sukoharjo — Dinas Pertanian Kabupaten Sukoharjo mengembalikan dana bantuan benih kedelai yang tidak terserap ke Pemerintah pusat. Dana yang dikembalikan Dinas Pertanian tersebut sebesar Rp 3,3 miliar.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukoharjo, Giyarti mengatakan, untuk budi daya tanaman kedelai tahun 2012, Dinas Pertanian Sukoharjo digelontor dana Rp 7,8 miliar. Namun karena masih banyak petani yang enggan beralih menanam kedelai, dana tersebut tidak terserah secara maksimal.

“Dana masih sisa Rp 3,3 miliar karena tidak terserap. Petani yang seharusnya mendapat alokasi bantuan ini, tidak semuanya mau beranjak menanam kedelai. Mereka tetap menanam padi. Sehingga bantuan dari Pemerintah pusat tidak terserap semuanya,” ujar Giyarti.

Setiap petani yang mendapatkan jatah menanam kedelai, menerima bantuan Rp 3,9 juta per hektarnya. Alokasi dari Pemerintah Pusat yang diberikan kepada petani Sukoharjo adalah sebesar 2000 hektar. Namun realisasi petani di Sukoharjo hanya sebesar 1.150 hektar.

“Jadi yang dikembalikan ke pusat ini adalah bantuan untuk 850 hektar yang tidak terserap itu. Petani yang mendapat jatah ini tersebar di beberapa kecamatan terutama, yang mengalami kesulitan irigasi. Kami akan terus mendorong petani yang sulit irigasi untuk beralih menanam kedelai,” imbuhnya.



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge