0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Musisi Jakarta Peduli Lokananta

Aksi panggung bassis n melody wsatcc di Studio Rekaman Lokananta Solo, Minggu (28/10). (Dok.Timlo.net/ Irawan Mintorogo)

Solo — White Shoes & The Couples Company, salah satu band beraliran Pop, Funk, Jazz tampil menghibur penggemarnya dalam acara yang bertajuk “Program Sahabat Lokananta” di Studio Rekaman Lokananta di Jl Ahmad Yani 387, Solo Minggu (28/10). Acara yang diselenggarakan oleh ‘Sahabat Lokananta’ yang merupakan suatu wadah atau gerakan kepedulian terhadap tempat rekaman pertama di indonesia tersebut mendapatkan antusiasme dan apresiasi yang sangat luar biasa. Terbukti dengan banyaknya para anak muda yang ikut berpartisipasi menyelamatkan tempat yang menjadi sejarah bangsa indonesia itu, padahal jaman serta generasi memisahkan diantara keduanya.

Grup band yang berdiri pada tahun 2002 tersebut tampil membawakan lagu-lagu berirama pop dengan visualisasi tahun ’80an. Meskipun grup tersebut tampil dengan visualisasi yang kawakan, namun grup musik yang digawangi oleh Ricky Virgana (Bass), Saleh (gitar), Aprilia Apsari (vocal/violin) , Yusmario Farabi (rhythm gitar), John Navid (drum/vibes), Aprimela Prawidyanti Virgana (keyboard/piano) berhasil tampil memukau dihadapan para penggemarnya yang memadati ruang studio rekaman tersebut.

Dalam penampilannya, grup band yang berasal dari Jakarta tersebut membawakan lagu-lagunya yang diambil dari album mereka yang pertama hingga yang mini album. Seperti Rindu Defrina, Vakansi, dan beberapa lagu-lagu daerah yang merupakan isi dari mini album terbaru mereka seperti Cangkurilung (Jawa Barat) dan Uranglolong (Sumatera Barat).

Salah seorang personil White Shoes & The Couples Company, Saleh Husain mengatakan keterkaitan antara grup musik mereka dengan Lokananta adalah pada saat pembuatan mini album yang berisikan tentang lagu-lagu daerah mereka. Ketertarikan mereka untuk rekaman di studio Lokananta sendiri karena, dia bersama teman-temannya menganggap bahwa Lokananta mempunyai cerita panjang dan bersejarah. Disamping itu juga terdapat ruang-ruang yang memberikan mereka inspirasi dalam karya bermusiknya. “Kami membuat mini album disini sebab Lokananta merupakan studio rekaman yang bersejarah dikota solo,” ungkap gitaris White Shoes & The Couples Company saat ditemui seusai pertunjukannya.

Lebih lanjut dijelaskan Saleh, keikutsertaannya dalam ‘Program Sahabat Lokananta’ tersebut merupakan panggilan hati grup band tersebut, karena melihat sebuah tempat rekaman bersejarah di Indonesia kurang mendapatkan perhatian yang selayaknya dari pihak pemerintah. Sehingga merekapun rela untuk ikut berpartisipasi menggalang dana untuk kelangsungan Lokananta sendiri. “Apapun akan kami lakukan untuk tempat ini dan demi ‘Sahabat Lokananta’ sebab kami merasa sedih melihat tempat bersejarah ini, banyak arsip audio bersejarah yang menjadi saksi berdirinya bangsa besar Indonesia tersebut,” ungkap pria yang akrab dipanggil Ale tersebut.



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge