0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Belasan Parpol di Solo Gagal Ikut Pemilu 2014

Ketua KPU Kota Surakarta, Didik Wahyudiono (Dok.Timlo.net/daryono)

Solo —  Keputusan KPU Pusat yang menetapkan 16 partai politik (parpol) lolos verifikasi administrasi berimbas kepada sejumlah parpol di Solo. Sebanyak 11parpol di Solo tidak bisa mengikuti Pemilu 2014, karena partainya tidak lolos verifikasi administrasi di tingkat KPU Pusat.

Parpol di Solo yang tidak lolos verifikasi administrasi ditingkat pusat adalah Partai Buruh, Partai Damai Sejahtera, Partai Demokrasi Kebangsaan, PKPB, PKNU, Partai Kedaulatan, PNBK, PPPI, Partai Republik, Partai RepublikaN dan Partai SRI.

Sementara 16 partai yang lolos verifikasi adalah Partai Nasdem, PDIP, PKB, PBB, Partai Hanura, PAN, Partai Golkar, PKS, Partai Gerindra, PDP. Lalu PKPI, Partai Demokrat, PPP, PKB-IB, PPRN dan PPN.16 parpol lolos verifikasi administrasi itu selanjutnya akan menjalani verifikasi faktual yang dilakukan KPU Kota Surakarta.

Ketua KPU Kota Solo Didik Wahyudiono menjelaskan, hasil verifikasi itu merupakan keputusan final dari KPU Pusat. “Setelah ini, kami akan melakukan verifikasi faktual. Tahapannya antara 26 Oktober hingga 20 November,” katanya, Senin (29/10).

Dalam verifikasi faktual nanti petugas KPU akan mencocokkan dokumen partai yang sudah diverifikasi administrasi, dengan kondisi riil di lapangan. “Dari verifikasi faktual, tidak menutup kemungkinan ada partai yang tidak lolos sehingga kemungkinan parpol yang lolos akan semakin berkurang,” imbuhnya.

Sesuai aturan KPU, untuk dapat mengikuti pemilu 2014,  parpol harus memenuhi persyaratan memiliki kepengurusan di seluruh propinsi di Indonesia (100 persen). Di tingkat propinsi parpol harus memiliki kepengurusan minimal 75 persen kabupaten/ kota di masing-masing propinsi serta 50 persen kepengurusan di tingkat kecamatan untuk setiap kabupaten/kota.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge