0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peringati Sumpah Pemuda, Komunitas Keroncong Reuni

Reuni Komunitas Keroncong menyambut Sumpah Pemuda, Minggu (28/10). (Dok.Timlo.net/ Sahid B Susanto)

Sukoharjo — Puluhan grup keroncong yang tergabung dalam Komunitas Keroncong bersama Museum Rekor Sukoharjo (Muresko), memperingati hari Sumpah Pemuda di halaman RSPD Sukoharjo.

Dengan menggelar Reoeni Kerontjong Soempah Pemoeda, Soempahku Tjintai Boedayakoe mereka berharap musik keroncong tetap eksis dan dicintai masyarakat Indonesia terlebih para generasi muda.

Ketua panitia yang juga Ketua Muresko Sukoharjo Antonius Bimo Wijanarko, menjelaskan, kegiatan digelar karena pihaknya prihatin dengan tersingkirnya musik keroncong seiring perkembangan zaman. Hal itu terlihat dari generasi muda yang lebih menyukai musik-musik luar dibandingkan warisan budaya dari negeri sendiri.

“Kami ingin memberikan motivasi kepada para pemuda di momentum sumpah pemuda ini. Kami ingin pemuda membudayakan budaya sendiri salah satunya dengan melestarikan musik keroncong,” ujar Kokor.

Menurut Kokor, keberadaan musik keroncong di Sukoharjo sangat dekat dihati masyarakat. Karena para maestro keroncong merupakan orang-orang yang tidak pernah jauh dari Sukoharjo. Melalui reuni ini diharap juga dapat mempersatukan personel grup musik keroncong yang sudah terpisahkan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge