0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Koperasi Sumbang Rp 20 Triliun Perputaran Ekonomi Jateng

PIAGAM MURI-Penyerahan piagam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) kepada KSP Intidana di Best Western Premier Hotel Solo, Sabtu (27/10) (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo – Aktivitas usaha koperasi tampaknya memang tak bisa dipandang sebelah mata di negeri ini. Pasalnya, unit usaha yang bermain di sektor keuangan ini mampu menyumbang perputaran ekonomi lebih dari Rp 20 triliun di wilayah Jawa Tengah (Jateng).

Sebagaimana dikemukakan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jateng, Sujarwanto Dwiatmoko, koperasi memiliki peran vital dalam mendukung geliat ekonomi masyarakat. Tercatat, hingga triwulan III 2012 koperasi memberikan kontribusi lebih dari Rp 20 triliun bagi laju ekonomi Jateng.

“Perputaran ekonomi yang dikendalikan koperasi di Jateng sampai triwulan III sudah lebih dari Rp 20 triliun,” ujarnya, saat memberikan sambutan dalam acara KSP Intidana Gathering, di Best Western Premier Hotel Solo, Sabtu (27/10).

Diharapkan hingga akhir tahun mendatang, sakaguru nasional ini mampu mendukung perputaran ekonomi provinsi di angka Rp 35 triliun. Dengan produk domestik regional bruto (PDRB) sebesar Rp 358 triliun pada 2012, Sujarwanto mengatakan, koperasi secara otomatis akan mengendalikan perputaran ekonomi Jateng sekira sepuluh persen.

Sementara itu, salah satu koperasi yang terbilang cukup moncer kinerjanya di wilayah Jateng, yakni Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Intidana. Menurut ketua koperasi setempat, Handoko, di sepanjang 2012 KSP Intidana berhasil membukukan aset sebesar Rp 948 miliar.

Dengan capaian tersebut, tak bisa diragukan lagi koperasi ini bakal mampu meraup aset sebesar Rp 1 triliun hingga akhir tahun mendatang, sebagaimana target semula.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge