0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

24 Sapi Kurban di Wonogiri Mengandung Cacing Hati

Suasana pembagian daging korban (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakperla) Wonogiri selama dua hari ini menggelar inspeksi mendadak (Sidak) terhadap sejumlah hewan kurban. Hasilnya sebanyak 24 ekor sapi positif mengandung cacing hati.

Sidak diadakan tak hanya di wilayah Kecamatan Kota tetapi juga ke daerah pinggiran, seperti Ngadirojo, Sidoharjo, maupun Jatisrono. “Kemarin (Jumat 26/10) ada 21 ekor sapi kurban yang mengandung cacing hati. Hari ini ada 3 ekor lagi, jadi totalnya 24 ekor yang ada cacingnya. Tak hanya di Kota, di kecamatan lain juga kita temukan,”  ungkap Kadisnakperla Wonogiri, Rully Pramono Retno melalui Kabid Kesehatan Hewan, Surip Surono, Sabtu (27/10).

Pihak Disnakperla Wonogiri langsung mengumpulkan seluruh hati sapi yang terdapat cacingnya, selanjutnya dimusnahkan,sebab dianggap tidak layak konsumsi lagi.

“Kalau dagingnya masih bisa dikonsumsi, hatinya saja yang berbahaya, jika dimakan bisa menimbulkan beragam penyakit dan bisa memicu kanker,” jelasnya.

Sejauh ini, lanjut Surip Surono, baru cacing hati yang ditemui pada sejumlah hewan korban. Sedangkan penyakit lain semacam Anthrax tidak didapatkan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge