0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Petugas Temukan Cacing Hati pada Hewan Kurban

Petugas temukan cacing hati pada daging kurban, Jumat (26/10). (Dok.Timlo.net/ Nanin)

Boyolali — Petugas pemantau pelaksana hewan kurban menemukan cacing hati pada hati hewan kurban. Cacing hati tersebut ditemukan di tempat penyembelihan di Desa Denggungan, Kecamatan Banyudono, Boyolali, Jumat (26/10). Karena hampir semua hati dan paru terdapat cacing, petugas menyarankan kepada panitia untuk memisahkan dengan daging dan merebusnya terlebih dahulu sebelum dibagikan.

Selain menemukan cacing hati, petugas juga menemukan penggunaan kantong plastik daur ulang berwarna hitam. Penggunaan kantong plastik daur ulang ini sudah lama dilarang dipakai terutama untuk makanan. Zat beracun pada kantong plastik daur ulang ini bisa menempel ke daging dan berbahaya bila dikonsumsi.

Disamping itu, petugas juga menemukan proses penyembelihan dan pemotongan daging yang tidak sesuai aturan. dimana pemotongan daging disatukan dengan jeroan yang belum dimasak. Mestinya, daging dan jeroan harus dipisah agar daging tidak tercemar oleh kotoran yang ada pada jeroan.

“Masih kita temukan disatukanya daging dan jeroan dalam satu wadah,mestinya dipisah dan jeroan yang hendak dibagikan harus direbus dahulu,” ungkap petugas pemantau pelaksana hewan qurban, Wiwik Puji Astuti.

Untuk menghindari agar semua itu tidak terulang kembali, pihaknya juga membagikan prosedur pemotongan dan pengolahan daging sebelum dipotong kepada masyarakat. Diharapkan masyarakat bisa melaksanakan saat Idhul Adha tahun depan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge