0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2012, Inflasi Solo Diperkirakan Tak Lampaui 4%

Ilustrasi (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo —  Inflasi Kota Solo di sepanjang 2012 ini diperkirakan tidak akan melampaui angka empat persen. Mengingat hingga September lalu, laju inflasi masih terbilang rendah, yakni 3,19 persen.

Hal itu diutarakan Sekretaris Tim Pengarah Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Surakarta, Doni P Joewono, saat ditemui seusai acara ‘Pertemuan Koordinasi TPID Surakarta-Tegal-Malang’, di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, pekan ini.

Bank Indonesia Solo sendiri di awal tahun sempat memroyeksikan laju inflasi selama 2012 mencapai 4,72 persen. Namun dengan perkembangan yang ada, inflasi Kota Bengawan dalam sembilan bulan terakhir relatif cukup rendah.

“Memang kita harus berbahagia juga sampai September inflasi kita masih 3,19 persen. Itu sudah cukup bagus, artinya kita sisa Oktober, November dan Desember. Nah itu prediksi saya tidak akan lebih dari empat persen,” ujar Doni.

Khusus inflasi September, pihaknya menyebut Kota Solo mengalami deflasi sebesar 0,57 persen (mtm), sehingga inflasi tahunan tercatat sebesar 3,19 persen (yoy). Sumber deflasi sendiri selain dipengaruhi menurunnya harga komoditas daging ayam ras dan angkutan antarkota, juga tidak lepas dari turunnya harga komoditas kelapa, bawang merah dan telur ayam ras.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge